Welcome To Blog Cinda Finanda.FC

Sabtu, 05 Januari 2013

Jaringan Komputer

Manfaat dan Pengertian jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer, Saat ini komputer digunakan dengan sangat luas dan hampir semua bisnis atau usaha memanfaatkan teknologi komputer. Jika dulu komputer digunakan hanya untuk perseorangan dan digunakan untuk kerja sendiri, saat ini komputer bisa digunakan dengan jaringan yang lebih luas. Misalnya saja Untuk sebuah Organisasi di pemerintahan, di Universitas atau di sekolah-sekolah sekarang sudah menggunakan jaringan komputer yang bisa saling terhubung satu sama lain. Jaringan Komputer sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis yang sesuai dengan ukurannya.
Jaringan Komputer adalah Sebuah Sistem dari kumpulan beberapa komputer dan perangkat-perangkat lain pendukung komputer yang saling terhubung dalam suatu kesatuan. Tujuan adanya jaringan komputer adalah untuk memudahkan beberapa user dalam saling bertukar data atau hanya untuk sekedar memudahkan dalam melakukan pengontrolan terhadap beberapa komputer di tempat yang berbeda.
Istilah jaringan komputer tidak perlu harus dalam skala yang besar atau kompleks. Menurut definisi, jaringan komputer terkecil yang mungkin akan mencakup hanya dua komputer yang saling berhubungan. Koneksi ini dapat dicapai dengan menggunakan kabel atau teknologi nirkabel. Apapun media, asalkan komputer dapat berkomunikasi bersama-sama mereka adalah bagian dari jaringan.

Manfaat Jaringan Komputer

  • File Sharing - File sharing adalah salah satu dari manfaat jaringan komputer. Kita bisa membagi file yang ada pada komputer kita dengan user atau pengguna komputer lain. Tentunya File yang kita bagi ini bisa kita atur  ijinnya.   
  • Kecepatan dalam bekerja - Manfaat  lain dari jaringan komputer adalah waktu yang sangat efisien dimana saat kita bekerja bisa mengirim atau menerima data dari beberapa komputer tanpa harus meninggalkan tempat kita.
  • Integrasi data - Dengan menggunakan jaringan komputer, maka kita bisa mengintegrasikan data dari beberapa komputer yang sudah di set dalam satu jaringan tersebut. Hal ini apat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya.
  • Memudahkan Komunikasi - Di dalam jaringan komputer, kita akan sangat mudah dalam melakukan komunikasi dari pengguna atau user 1 dengan user yang lainnya.
  • Kecepatan Transfer Data - Didalam sebuah jaringan komputer, Transfer data dari komputer satu ke komputer lainnya akan terasa sangat cepat dan efisien jika di bandingkan dengan alat transfer data lainnya.
Saat ini Jaringan komputer terus berkembang. Beberapa sistim keamanan juga terus ditingkatkan agar tidak ada kebocoran data atau hal lain yang dapat membahayakan pengguna komputer tersebut. Kita sangat terbantu dengan adanya jaringan komputer tersebut, akan tetapi ketika kita masuk dalam jaringan komputer, menghubungkan komputer pribadi kita dengan jaringan komputer atau internet, kita harus tetap hati2 akan keamanan data kita. baca juga : jenis Perangkat keras Komputer

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar