Welcome To Blog Cinda Finanda.FC

Minggu, 06 Januari 2013

Sungai Yang Ada diOKU

Sungai Komering di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan 

Sungai Komering di Ogan Komering Ulu, Sumatara SelatanSungai Komering adalah sungai yang berasal dari hulu di barat pulau Sumatra dan bermuara di timur Palau Sumatra di Provinsi Sumatra Selatan. Sungai ini melalui beberapa kabupaten di provinsi yang memiliki wilayah seluas 97.159 km²ini.
Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dialiri oleh dua sungai besar yaitu Sungai Selabung dan Sungai Saka yang bermuara ke Sungai Komering. Selain itu, masih terdapat sekitar 20 sungai dan anak sungai lainnya yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.
Di Kabupaten ini juga terdapat beberapa air terjun dan danau, baik yang besar maupun kecil, sehingga daerah ini merupakan daerah pariwisata potensial di Propinsi Sumatera Selatan.
Sungai Komering digunakan sebagai media transportasi oleh masyarakat setempat. Di Martapura sungai ini menjadi penghasil pasir yang paling produktif.
Kabupaten Ogan Komering Ulu diambil dari nama dua sungai besar yang melintasi dan mengalir di sepanjang wilayah kabupaten OKU, yaitu sungai Ogan dan Sungai Komering. Penamaan Ogan Komering Ulu (OKU) dilihat dari posisi Kabupaten OKU ini yang beradai ulu Sungai Komering, sedangkan kata Ogan diambil dari nama Sungai Ogan.
Sungai Komering bagian dari sembilan sub DAS Musi dan terletak di bagian selatan pulau Sumatera. Sebagian DAS Musi terletak di Propinsi Sumatera Selatan. Pada ruas Sungai Komering yang terletak di Tanjung Mas dan Menanga Tengah aliran Sungai Komering telah berpindah dan mengalir kealur baru yang terletak di sisi kiri Sungai Komering asli.
Saat ini Sungai Komering semakin lama semakin dangkal karena terjadii pengendapan sedimen sehingga alur sungai semakin lama semakin dangkal. Perpindahan alur rnengakibatkan ruas sungai yang terletak di antara Menanga Tengah hingga Campang Tiga hanya dialiri air pada kondisi debit di musim hujan. Dasar sungai ruas Sungai Komering asli antara Menanga Tengah hingga Campang Tiga secara perlahan-lahan makin tinggi akibatnya pengendapan sedimen ini.
Lokasi sungai ini bersebelahan dengan jalan raya dari Martapura ke Kayu Agung, sehingga bagi yang melalui jalan ini menjadi pemandangan yang indah. Sedangkan disisi sebelahnya lagi terdiri dari perkebunan penduduk seperti karet, kelapa sawit dan juga persawahan.
Digambar sebelah terlihat seorang penduduk dengan menggunakan rakit bambu sedang menambang pasir.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar