Welcome To Blog Cinda Finanda.FC

Sabtu, 05 Januari 2013

OBJEK WISATA OKU

MARTAPURA-OKUT, BeritAnda – Apabila anda berkunjung ke Martapura Ibukota Kab. OKU Timur rasanya kurang lengkap bila belum singgah ke pemandian alam Bukit Mencar. Tempat nan eksotis panoramanya juga menawan dihati dan tepat untuk dijadikan sarana refreshing (penyegaran –red).
Pemandian alam Bukit Mencar yang terletak di Kab. OKU Timur yang strategis sebagai pintu gerbang propinsi Sumater Selatan dengan ibukotanya Martapura atau hanya berjarak sekitar 17 Kilometer. Dapat ditempuh lebih kurang satu jam dari Kota Martapura menggunakan roda empat maupun dua. Adapun untuk lebih santai lagi, anda dapat memanfaatkan Angkutan Kota yang tarifnya hanya Rp 10 ribu dan kita sudah memasuki di lokasi pemandian Bukit Mencar.
Tempat Plesiran ini menjadi primadona masyarakat setempat (wisatawan lokal), selain dari OKU Timur sendiri, ada juga yang dari Baturaja Kab. OKU dan Muara Dua Kab. OKU Selatan, serta masyarakat dari Way Kanan, Provinsi Lampung. Bila hari libur Nasional atau hari Minggu tempat ini pengunjungnya sangat padat.
Fasilitas pendukung walaupun belum lengkap yaitu hanya tersedia tempat penginapan, namun para pengunjung betah dan begitu menikmati indahnya panorama Bukit Mencar. Karena menurut mereka, keasrian pemandangannya benar-benar masih alami dan menyejukkan.
“Tempat ini bagi kami cocok untuk melepas kepenatan aktivitas keseharian, udaranya sejuk, pemandangan alamnya pun begitu elok ditambah sarana pemandaian air mancur yang sangat disukai anak-anak,“ ujar hendra, salah satu pengunjung dari Baturaja saat dibincangi, Jumat (21/10/2011).
Disaat yang sama kebetulan ada beberapa siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Martapura sedang melakukan studi disana dalam rangka tugas materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Disela santai sambil bercanda juga menuturkan sangat terkesan dan begitu menikmati dengan suguhan keindahan alam wisata Bukit Mencar.
“Kami mas bukan sekali ini saja kesini, tapi sering sekali sebab lokasinya memang cocok untuk berlibur, santai sama keluarga maupun teman, apalagi dapat tugas dari sekolah, aduh sungguh setuju sekaliuntuk kesini,“ ucap Eva dengan berbunga-bunga didampingi kawan-kawannya.
Sementara Pengelola tempat Wisata Pemandian Bukit Mencar, Zulyadi (40) menuturkan, menjelang hari libur sekolah dan nasional pengunjung membludak. Dan rata-rata selain dari OKU Timur, kebanyakan didominasi pengunjung dari luar kota. “Mereka bukan hanya dari OKU Timur saja, tapi banyak juga yang datang dari Baturaja, Muara Dua dan Way Kanan Lampung,“ tuturnya.
Dilanjutkan Dia, disini walaupun sarananya belum lengkap, untuk masalah keamanan dan kenyamanan pengunjung diutamakan. ”Bagi para pengunjung keamanan disini terjamin jadi yang ingin beristirahat pengunjung dari luar kota, kami sediakan tempat untuk menginap”, katanya sambil berpromosi.
Wisata pemandian Bukit Mencar untuk biaya tarifnya sangat terjangkau, hanya merogoh yang Rp 10 ribu anda sudah dapat menikmati suasananya dan biaya itu sudah termasuk sewa parkir kendaraan anda.
Promosi Sudah Dilakukan Pemkab OKU Timur
Terkait pengembangan dan promosi lokasi plesiran di Kab. OKU Timur, Kepala Badan Pariwisata dan Seni Budaya (Parsenbud) OKUT, Drs. Hendri MM mengatakan, pemandian alam Bukit Mencar merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang telah dipromosikan ke darah luar oleh Pemkab OKU.
“Pemandian alam Bukit Mencar adalah salah satu potensi tempat tujuan wisata masyarakat. Mengenai pengembangan dan promosi sudah kita lakukan, bahkan sekarang investor asing sudah ditawarkan untuk berinvestasi disana,” ungkapnya.
Ia melanjutkan, selain pemandian alam Bukit Mencar, masih banyak tempat wisata OKU Timur yang akan dipromosikan. Misal sarana bermain Jet Ski di Perjaya, pemandian air panas Villa Masin di Mendah Kec. Jayapura dan Danau Batur di BK.9 Belitang. “Untuk itu kami berharap bagi investor yang ingin berinvestasi di OKU Timur kami sangat welcome dan mendukung,”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar